Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaliandra, Tanaman Pakan Ternak Berkualitas Tinggi dengan Kandungan Protein yang Melimpah

sumber gambar : Kompasiana

demangkutodotcom - Hallo sobat, kali ini kita akan membahas salah satu tanaman pakan ternak sumber protein. Tanaman ini termasuk kedalam jenis leguminosa, yaitunya “Kaliandra”. Kaliandra dalam Bahasa latinnya disebut Calliandra calothyrsus.  Kaliandra ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Kalindra sering ditanam sebagai pakan ternak, hal ini dikarenakan daunnya yang kaya akan protein dan nutrisi. Selain itu, Kaliandra juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pupuk hijau dan sebagai peneduh di lahan pertanian.

Di negara kita Indonesia ini, Kaliandra sering ditanam untuk selanjutnya digunakan sebagai salah satu pakan jenis leguminosa yang diberikan kepada ternak sapi, kambing, dan domba. Ini dipilih oleh peternak karena kaliandra kaya akan kandungan protein yang tinggi yang terdapat pada bagian daunnya, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang baik sebagai suplemen pakan ternak, terutama pada daerah yang sulit mendapatkan pakan ternak yang memadai.

Baca juga : 


Perlukan Sapi Makan Konsentrat Setiap Hari?

Lima Rumpun Sapi Asli Indonesia yang Berpotensi Menjadi Primadona di Pasar Peternakan Global

Definisi Bibit, Bibit Dasar, Bibit Induk, Bibit Sebar


Kaliandra sendiri memiliki beberapa keunggulan antara lain :

  1. Kaliandra memiliki kemampuan yang sangat baik untuk memperbaiki kualitas tanah melalui peningkatan kandungan nitrogen dan bahan organik. Inilah yang menjadikan Kaliandra sebagai pilihan sebagai tanaman penghasil pupuk hijau di lahan pertanian.
  2. Kaliandra memiliki kandungan protein yang tinggi di dalam daunnya. Kandungan protein yang dimiliki oleh kaliandra ini sekitar 18-28% dari berat kering (BK). Inilah yang menjadikan tanaman ini termasuk jenis leguminosa
  3. Kaliandra memiliki kandungan serat kasar yang cukup tinggi juga, yaitu sekitar 25-30% dari berat kering (BK) yang terdapat pada baguian daun
  4. Kaliandra juga memiliki kandungan lemak yang relatif rendah pada daunnya, yaitu sekitar 2-3% dari berat kering (BK)
  5. Kaliandra juga memiliki kandungan karbohidrat. Pada daunnya kandungan karbohidrat berkisar antara 40-45% dari berat kering (BK)
  6. Daun kaliandra ternyata juga menyimpan potensi mineral seperti fosfor, kalsium, kalium dan juga magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh ternak
  7. Daun kaliandra juga memngnadung beberapa vitamin seperti vitamin A, B1, B2 dan C yang bermanfaat bagi tubuh ternak

sumber gambar : linggakab.go.id

Namun dalam pemberian sebagai pakan ternak, penggunaan kaliandra perlu diawasi dan dibatasi. Kaliandra memiliki kandungan senyawa yang disebut “Tanin”. Tanin adalah senyawa organik  fenolik yang umumnya ditemukan pada tanaman dan memiliki sifat astringen atau dapat menyebabkan pengerasan jaringan. Dalam daun kaliandra, senyawa ini keberadaannya sangat signifikan yaitu sekitar 4-10% dari berat keringnya (BK).



Senyawa organik fenolik adalah senyawa kimia yang mengandung gugus fenol sebagai salah satu dari gugus fungsionalnya. Senyawa fenolik ini biasanya ditemukan pada tanaman. Senyawa ini memiliki berbagai macam fungsi biologis, termasuk sebagai pigmen dan antioksidan.

Tanin memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui. Salah satu kelebihan tanin adalah mampu menjaga protein terdegradasi dalam rumen, sehingga protein akan tetap utuh sampai ke usus halus. Tanin juga dapat membantu mengurangi risiko infeksi parasit pada usus ternak, terutama cacing usus, karena menghambat kemampuan mereka untuk menyerap nutrisi.

Namun tanin juga memiliki kekurangan. Ketersediaann tanin dalam pakan ternak akan mengurangi kemampuan usus untuk menyerap protein mineral daan vitamin. Sehingga pemberian kaliandra sebagai sumber pakan ternak harus benar-benar diperhatikan dengan seksama. Jika akan menggunakan dalam jumlah tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan ahli pakan, agar penyerapan nutrisi oleh tubuh ternak tidak terganggu.

Itulah pembahasan terkait tanaman kaliandra sebagai pakan ternak. Semoga bermanfaat. Demangkutodotcom caw!

Posting Komentar untuk "Kaliandra, Tanaman Pakan Ternak Berkualitas Tinggi dengan Kandungan Protein yang Melimpah"