Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlukah Sapi diberi Kosentrat?


Saya yakin sebagian orang akan berkata, pertanyaan macam apa ini?, masak hal-hal seperti ini dibahas, kurang kerjaan saja. Jika Anda adalah orang yang tidak terlalu memikirkan masalah cost atau masalah biaya pakan dan juga masalah perlu atau tidaknya, Saya yakin Anda akan mengabaikan tulisan Saya ini.

Tulisan ini memang Saya tujukan untuk orang-orang yang Saya rasa mau menganalisa bersama Saya dan juga ikut bertanya penting atau tidaknya sapi mendapatkan konsentrat setiap hari.

MARKILAS (Mari Kita Ulas).. let’s go…!

Pakan merupakan faktor utama yang berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan ternak. Tilman, (1998) menyebutkan bahwa apabila ternak kekurangan pakan dapat menyebabkan pertumbuhan ternak tersebut terhambat, namun sebaliknya apabila pakan yang dikonsumsi berlebih maka bobot badan ternak dapat meningkat karena kebutuhannya terpenuhi. Berdasarkan penyataan tersebut memang sudah tidak terelakkan lagi bahwa pakanlah yang menjadikan ternak tumbuh dan berkembang dengan baik. Sampai disini kita sepakat ya..!

Selanjutnya kenapa pakan yang menyebabkan pertumbuhan ternak kita?. Ternyata ini disebabkan karena di dalam pakan terdapat unsur-unsur / kandungan nutrient yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan ternak kita. Unsur-unsur tersebut terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin.

Defisini singkat dan pembahasan pakan secara gramatikal telah kita bahas, selanjutnya kita bahas jenis-jenis pakan. Pakan yang diberikan kepada ternak sapi terdiri dari 2 jenis yaitu pakan hijauan dan pakan konsentrat.

A. Pakan Hjauan

Pakan hijauan yang dimaksud adalah pakan ternak sapi yang berasal dari rumput pakan. Pakan hijauan adalah jenis pakan untuk ternak yang terdiri dari tanaman hijau, seperti rumput, legum, dan tanaman hijauan lainnya yang dapat dikonsumsi oleh hewan ternak yang mengandung nilai nutrisi yang dibutuhkan oleh hewan ternak seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan unsur-unsur lainnya, Pakan hijauan dapat diberikan kepada hewan ternak baik secara segar atau setelah diolah, misalnya dipotong atau dikeringkan terlebih dahulu, sehingga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama (seperti hay, amoniasi dan silase).

B. Pakan Konsentrat

Pakan kosentrat adalah pakan yang diberikan kepada ternak sebai pakan suplemen. Lebih lengkap Hartadi, dkk (1991) menjelasakan bahwa konsentrat adalah suatu bahan pakan yang dipergunakan bersama bahan pakan lain untuk meningkatkan keserasian gizi dari keseluruhan makanan dan dimaksudkan untuk disatukan dan dicampur sebagai suplemen (pelengkap) atau pakan pelengkap.

Konsentrat memiliki kandungan nutrient yang dibutuhkan oleh ternak seperti protein, vitamin, mineral, dll. Konsentrat terdiri dari beberapa campuran seperti jagung, tepung ikan, bungkil kelapa, dedak, dan lain sebagainya sesuai dengan formulasi yang disusun serta tujuan penggunaan konsentrat.

Konsentrat biasanya memiliki cirikhas yaitu, memiliki persentase kecernaan yang tinggi, mengandung serat kasar yang rendah, serta memiliki kandungan protein yang tinggi.

Melihat dari masing-masing kegunaan serta fungsi dan manfaat dari pakan hijauan dan pakan konsentrat, terdapat beberapa poin yang perlu kita rinci lebih dalam. Antara lain :



1. Pakan hijauan merupakan pakan utama yang dibutuhkan oleh ternak. Sejatinya ternak sapi sejak dulu, hidup, tumbuh dan berkembang dengan memakan hijauan (Graminae dan leguminosa)

2. Pakan hijauan memiliki kandung nutrisi yang diperlikan oleh ternak untuk tumbuh kembangnya

3. Pakan konsentrat merupakan pakan yang terdiri dari campuran beberapa bahan pakan yang diramu atau formulasi sedemikian rupa sehingga memiliki kandung nutrisi yang tinggi

4. Pakan hijauan memiliki permasalahan terkait dengan kestabilan dari kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya. Hal ini diakibatkan oleh pengaruh media tanam, kondisi lingkungan dan kondisi geografis

5. Pakan konsentrat memiliki keterbatasan dalam pemberiannya karena pakan konsentrat termasuk kategori pakan suplemen dimana pemberiannya digabung dengan pakan lain (hijauan).

Berdasarkan rincian diatas, dapat diambil beberapa kesimpulan terkait perlu atau tidaknya sapi makan konsentrat.



1. Sapi pada dasarnya tidak perlu diberikan konsentrat, karena sapi pada kondisi alaminya adalah hewan herbifora (pemakan hijau-hijauan)

2. Sapi tidak perlu diberikan pakan konsentrat karena zat-zat yang diperlukan oleh ternak untuk tumbuh kembangnya (produksi dan reproduksi) sudah ada didalam pakan hijauan, sehingga pemberian pakan hijauan berkualitas akan mampu memenuhi kebutuhan ternak

3. Kondisi hijauan pakan ternak tidak sama meski jenis rumputnya sama. Hal ini diakibatkan oleh permasalahan lahan, kondisi lingkungan, kondisi geografis, sehingga konsentrat akan mengambil peran sebagai pelengkap kekurangan asupan nutrisi bagi ternak

4. Konsentrat memiliki kandungan nutrisi yang tinggi serta kecernaan yang tinggi pula, kelebihan yang dimiliki oleh konsentrat ini sering dimanfaatkan peternak untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan (bobot badan)

5. Konsentrat tidak biasa diberikan secara tunggal. Konsentrat yang diberikan secara tunggal hanya untuk periode atau kurun waktu tertentu. Pemberian konsentrat tunggal biasanya dilakukan oleh peternakan yang bergerak dibidang penggemukan (feedloter), karena sapi akan ditarget harus mencapai bobot tertentu selama kurun waktu tertentu, setelah itu sapi akan dijual atau dipotong.



Menjawab pertanyaan PERLUKAH SAPI MAKAN KONSENTRAT SETIAP HARI..?, Jawabannya adalah tidak, selama Anda yakin bahwa pakan hijauan yang diberikan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ternak untuk kebutuhan hidup pokok dan reproduksinya. Untuk memastikan pakan yang diberikan memiliki kandungan gizi yang tinggi, lakukanlah pengiriman sampel untuk uji laboratorium secara berkala.

Namun jika didapati hijauan tersebut tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan hidup pokok dan produksi serta reproduksi ternak, pemberian konsentrat merupakan salah satu solusi yang diperlukan dengan catatan sebagai pakan pelengkap.


Terima kasih. Demangkutodotcom caw..!






Posting Komentar untuk "Perlukah Sapi diberi Kosentrat?"