Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Pemuliaan Ternak Part 3



Dalam ilmu pemuliaan pemahaman definisi ini harus sama dulu, tidak tepat rasanya jika belajar ilmu pemuliaan dan genetika tidak mengerti serta memahami terkait definisi-definisi/ istilah yang akan sering digunakan dalam ilmu pemuliaan.

Beberapa istilah yang perlu dipahami agar tidak keliru dalam menekuni kegiatan dibidang pemuliabiakan ternak antara lain adalah definisi Bibit, Bibit Dasar, Bibit Induk dan Bibit Sebar. Oleh karena itu mari kita lakukan pembahasan terkait istilah-istilah tersebut, berikut dengan beberapa contoh yang dapat digunakan untuk pemahaman kita bersama.


1. Definisi Bibit

Bibit adalah hewan yang memiliki sifat unggul dan mewariskan serta memenuhi persyaratan tertentu untuk dikembangbiakkan.

Untuk mendapatkan seekor bibit, perlu dilakukan uji/ seleksi baik secara performan (fenotipe) maupun secara pedigree (genotik). Hewan ternak akan dinilai penampilan tubuhnya perindividu dan dipastikan bentuk performa seperti bentuk tubuh, warna bulu, bentuk kepala, warna kuku, warna ujung ekor, warna moncong, bentuk telinga, dan hal-jal lainnya yang ditujukan untuk memastikan ternak tersebut layak dikategorikan bibit sesuai dengan rumpunnya.

Penilaian secara genotip juga dilakukan, seperti penilaian dari segi recording, catatan pedigree, catatan produksi dan reproduksi (jika hal tersebut akan berpengaruh generasi selanjutnya). Selain fenotip dan genotip, catatan lainnya juga akan dijadikan sebagai item tambahan yang juga penting seperti rekam medis, recording ketahanan penyakit, recording pertumbuhan dan pertambahan bobot badan.

Jika semua hal tersebut dinilai telah memenuh kriteria yang ditentukan sesuai dengan pedoman penilaian, maka hewan tersebut dapat dikategorikan sebagai “bibit”


2. Definisi Bibit Dasar (Elite/Foundation Stock)

Bibit Dasar adalah bibit ternak yang diperoleh melalui proses seleks dari suatu rumpun atau galur yang memiliki nilai pemuliaan (index pemuliaan) di atas rata-rata.

Bibit dasar ini merupakan bibit ternak yang dipilih dalam suatu populasi ternak yang telah terseleksi sebelumnya (bibit) dan dilakukan pemilihan dengan ukuran-ukuran tertentu diatas rata-rata populasi tersebut untuk kemudian dijadikan sebagai bibit yang akan dikembangkan untuk dijadikan sebagai induk.



Contoh kasusnya adalah sebagai berikut :
Dalam suatu populasi rumpun A terdiri dari 100 ekor ternak, dalam 100 ekor tersebut terpilih/ lolos seleksi sebanyak 80 ekor sebagai "Bibit". Kemudian dilakukan lagi seleksi dengan ukuran/ kriteria tertentu untuk dijadikan "Bibit Dasar", dan terpilih sebanyak 50 ekor sesuai dengan kriteria tertentu. Rumpun ternak dengan jumlah 50 ekor tersebut dikategorikan sebagai “Bibit Dasar”



3. Definisi Bibit Induk (Breeding Stock)

Bibit Induk adalah bibit ternak yang telah terpilih menjadi bibit dasar dan dilakukan pengembangan dan pengelolaan dengan standar atau pedoman tertentu
bibit induk ini adalah pengembangan dari bibit dasar. bibit induk akan digunakan nantinya untuk produksi bibit komersial. bibit induk karena sudah terpilih melalui mekanisme seleksi sebagai bibit dan dilanjutkan dengan seleksi bibit dasar, maka bibit induk sudah bisa dipastikan memiliki keunggulan-keunggulan spesifik sesuai dengan arah pengembangan. bibit induk sekurang-kurangnya telah memiliki keunggulan dari segi fenotip, genetik, kesehatan, ketahanan terhadap penyakit, dan lain sebagainya



4. Definisi Bibit Sebar (Commercial Stock)

Bibit Sebar adalah bibit yang didapatkan dari hasil pengembangan bibit induk. Bibit Sebar ini adalah bibit yang telah stabil dari segi fenotip, genotip, daya tahan terhadap penyakit, dan sudah memiliki keunggulan tertentu. Bibit Sebar akan disebar ke publik (peternak, kelompok ternak, atau stakeholder lainnya) yang membutuhkan bibit berkualitas.

Itulah beberapa definisi serta penjelasan terkait Bibit, Bibit Dasar, Bibit Induk dan Bibit Sebar. Semoga bisa membantu mencerahkan. terima kasih. demangkutodotcom caw..!


1 komentar untuk "Definisi Pemuliaan Ternak Part 3"

Please Leave a wise comment, Thank you