Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah Pasang Eartag


Dalam usaha peternakan faktor pemeliharaan merupakan salah satu item penting yang perlu diperhatikan. Setiap detil kegiatan dalam pemeliharaan harus dapar terkontrol dengan sangat baik. Seperti kesehatan, reproduksi, catatan pertumbuhan, catatan kesehatan, catatan produksi, dan lainnya. Dengan sekian banyak hal atau item yang perlu dicatat dan diawasi, makan perlu satu cara agar kita bisa melihat dan memisahkan secara administrasi untuk masing-masing ternak. Kita harus bisa melakukan pendataan terhadap masing-masing ternak dan melihat perkembangannya secara individu.



Oleh karena itu perlu adanya pembeda atau cirikhas penanda untuk masing-masing ternak sehingga seluruh data terkait individu ternak dapat tercatat dengan rapih. Apalagi untuk usaha peternakan dengan jumlah ternak/ populasi ternak yang sangat besar. Pengindentifikasian dengan metode visual dan dari ciri-ciri fisik (signalement) akan sangat susah dilakukan. Penggunaan pembeda khusus masing-masing ternak adalah solusi yang sangat tepat untuk dilakukan. Salah satu penanda khusus yang dapat membantu memudahkan pencatatan perkembangan masing-masing ternak adalah menggunakan Eartag.

Eartag adalah suatu alat yang ditempelkan atau dipasangkan ketelinga sapi menggunakan alat khusus yang berisikan nomor identitas masing-masing individu. Eartag yang dipasangkan tersebut bertujuan untuk mempermudah dan mencatat informasi identitas, seperti jenis kelamin, umur, kesehatan, dan informasi penting lainnya. Eartag juga dapat membantu dalam pemantauan dan pengendalian populasi sapi.

 



Berikut Langkah - langkah dalam  pemasangan eartag:


1. Handling Ternak

Handling merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Handling merupakan teknik yang dilakukan dengan tujuan untuk mengontrol ternak agar dapat mempermudah pekerjaan. Pada pemasangan eartag, handling yang dilakukan fokus pada membatasi aktifitas yang akan menyebabkan ternak luka atau cedera pada bagian telinga.



2. Desinfeksi Ternak

Desinfeksi bagian telinga ternak dengan menggunakan cairan antiseptik. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek negatif pasca pemasangan eartag.


3. Instalasi Eartag

Pasangkan eartag pada tang eartag dengan benar. Pada tang eartag dipasangkan eartag dan paku eartag.




4. Hindari Pembuluh Darah

Pada daun telinga anak sapi terdapat pembuluh darah kapiler yang tersebar hampir diseluruh bagian daun telinga. Dalam pemasangan pastikan bagian yang akan ditusuk adalah bagian yang tidak ada pembuluh darah


Baca juga : Kawin Alam atau Inseminasi Buatan. Mana yang harus dipilih..?


5. Pasangkan Eartag

Memasang eartag harus dilakukan benar dan tepat serta cepat, karena paku eartag akan menembus daun telinga ternak. Ini akan membuat ternak bereaksi, oleh karena itu pemasangan harus cepat dan benar. Resiko kesalahan bisa menyebabkan pendarana sampai dengan resiko telinga ternak akan robek




6. Desinfeksi Telinga

Setelah selesai melakukan pemasangan eartag, lakukan penyemprotan cairan antiseptic untuk menghindari infeksi pada daun telinga.


7. Pengawasan

Setelah eartag terpasang, peternak harus selalu memantau telinga ternak utnuk memastikan tidak ada infeksi serta eartag tidak terlepas dari telinga ternak.


Baca juga : 

Lima Rumpun Sapi Asli Indonesia yang Berpotensi Menjadi Primadona di Pasar Peternakan Global


8. Recording

Eartag yang telah dipasangkan kepada ternak dicatat sebagai identitas ternak. Kedepannya ini akan menjadi nomor atau identitas resmi dari ternak tersebut.

Pemilihan jenis eartag yang tepat juga penting untuk memastikan kenyamanan dan kesejahteraan sapi. Eartag yang terlalu besar atau terlalu berat dapat mengganggu sapi dan bahkan dapat menyebabkan luka pada telinga sapi. Oleh karena itu, pemilihan eartag yang sesuai dengan ukuran dan bobot sapi sangat penting.


Baca juga : 

Perlukah Sapi Makan Konsentrat?


Dalam beberapa kasus, eartag juga dapat digunakan sebagai alat pelacakan dalam program pemantauan kesehatan hewan. Dengan menggunakan teknologi terbaru seperti RFID, eartag dapat membantu dalam memantau kesehatan dan lokasi sapi secara real-time. Semoga informasi ini bermanfaat.

 Terima kasih demangkutodotcom caw!




Posting Komentar untuk "Langkah Mudah Pasang Eartag"