Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daging Sapi Wagyu, Apa yang Membuatnya Begitu Spesial dan Berbeda?


ilustrasi : hollicow steak

Demangkutodotcom - Daging sapi Wagyu beberapa waktu belakangan ini sangat fenomenal dan meraih perhatian banyak orang pemburu kenikmatan daging. bahkan sampai-sampai bagi yang tidak terlalu pencinta daging sekalipun juga ikut melirik dan bertanya--tanya kenapa daging sapi wagyu ini begitu spesial.


ilustrasi : hollicow steak

Sapi Wagyu merupakan sapi yang berasal dari negara Jepang. dilihat dari penamaannya saja, "Wa" berarti negara Jepang dan "Gyu" diartikan sebagai sapi. sehingga ketika kita mendengar "Wagyu" secara otomatis kita faham bahwa itu adalah sapi yang berasal dari negara Jepang.

Sapi Wagyu yang dipelihara oleh masyarakat Jepang ini adalah rumpun sapi persilangan antara sapi lokal dengan sapi dari luar negeri. rumpun sapi luar yang disilangkan dengan sapi lokal Jepang ini diantaranya adalah Brown Swiss, Shorthon, Devon, Simmental, Ayrshire, Korea, Holstein dan Angus. Proses persilangan ini dilakukan selama beberapa generasi, sehingga muncullah rumpun baru yang sekarang dikenal dengan "Wagyu".

Baca juga : Kaliandra, Tanaman Pakan Ternak Berkualitas Tinggi dengan Kandungan Protein yang Melimpah

Sapi Wagyu ini memiliki pesona sendiri, sehingga memiliki ciri berbeda dengan rumpu  sapi lainnya. dari segi karakter saja sapi Wagyu ini memiliki kelebihan antara lain temperamen yang jinak/ tenang, mudah beradaptasi pada lingkungan yang berbeda. Dari segi perdagingan sendiri, sapi Wagyu ini juga memiliki keunggulan yang layak diacungi jempol. sapi ini memiliki perlemakan yang  tak jenuh berminyak dalam jumlah besar. pola marmer yang dibentuk oleh serat dagingnya menjadi ketertarikan sendiri pada saat dimasak.  hal ini tidak terlepass dari kecenderungan genetik yang dimilikinya.

Selain itu, sapi wagyu juga memiliki keunggulan lainnya seperti mudah dalam proses melahirkan. Sapi wagyu ini memiliki berat lahir yang tidak terlalu besar, rataan berat lahirnya adaah sekitar 40 kg. 

Daging yang lembut, serta marbling yang baik tak lepas dari kecantikan dan kualitas dari daging yang dihasilkan oleh sapi Wagyu ini. menurut ahli gizi, satu porsi daging Wagyu dari Jepang (113 gram) mengandung setidaknya 280 kalori. Sedangkan di Amerika, satu porsi daging wagyu mengandung setidaknya 330 kalori. Kecenderungan genetik ras Wagyu menghasilkan daging dengan kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang lebih tinggi.

Baca juga : Lima Rumpun Sapi Asli Indonesia yang Berpotensi Menjadi Primadona di Pasar Peternakan Global

saat ini sapi wagyu telah mulai tersebar dibeberapa belahan dunia, rumpun sapi ini sudah mulai dikembangkan secara terpola dengan manajemen yang tidak kalah baiknya dengan negara asalnya di Jepang. Penyebarannya sudah sampai ke negara Australia, Indonesia, New Zealand.

di indonesia, sapi wagyu mulai banyak dikembangkan di provinsi Lampung, ini juga berkaitan dengan banyaknya pengusaha-pengusaha yang bergerak dibidang penyediaan sapi dan daging memiliki lokasi di daerah lampung.

harga sapi wagyu ini tidak main-main, berat sapi 294 kg dibanderol 350.000 yen atau setara 38,2 juta rupiah. jika langsung didatangkan dari negara asalnya, biaya pengirimannya berkisar 20,000 yen tergantung dari pengambilan sapinya dari lokasi sapinya di Jepang.

Itulah keunggulan sapi wagyu asal negara Jepang ini, semoga informasinya bermanfaat. demangkutodotcom caw..!


Posting Komentar untuk "Daging Sapi Wagyu, Apa yang Membuatnya Begitu Spesial dan Berbeda?"