Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa PE Ras Kali Gesing Jadi Kambing Kontes Termahal?


Dalam soal dunia perkambingan, siapa yang tidak kenal dengan daerah Kaligesing?. Ya, Kaligesing lebih dari 10 tahun yang lalu sudah harum namanya sebagai desa yang mencetak rumpun kambing PE. Kambing keluaran Kaligesing ini, hampir setiap ikut kontes ternak tidak pernah absen untuk naik kepodiam. Tidak tanggung-tanggung, podium satu sering kali disabet tanpa rasa belas kasihan terhadap kambing rumpun lainnya.


Kenapa rumpun kambing PE ini begitu ternama? Mari kita ulas lebih dalam dan lebih rinci.

1. Asal usul kambing PE Kaligesing

Kambing Etawa Kaligesing jika ditelusuri secara tetuanya, merupakan hasil persilangan antara Kambing Jamnapari yang berasal dari negara India dengan kambing lokal asli Indonesia. Kambing PE  Kaligesing sendiri memiliki ciri khas pada tekstur kepala yang tampak lebih menonjol dan bentuk kuping yang panjang serta terlipat.


2. Karakter Teknis

Secara bentuk fisik, kambing jantan dari rumpun ini memiliki tinggi sekitar 90-127 cm,  sedangkan kambing betinanya, tingginya mencapai 92 cm. Untuk Bobot kambing jantannya saja mencapai 93 kg, sementara yang betina bisa mencapai 63 kg. Telinganya panjang dan terkulai ke bawah juga menjadi cirikhas kambing ini. Selain itu dahi dan hidungnyanya juga lebih cembung. kambing jantan maupun betina juga mempunyai ukuran tanduk yang pendek


3. Produksi 

Kambing jenis rumpun ini mampu menghasilkan susu hingga tiga liter dalam hari., dengan durasi pengambilan 2x sehari


4. Komentar Warga Kaligesing

Beberapa warga Kaligesing bangga dengan kambing rumpun PE yang menjadi terkenal ini. Sebagian memberika komentar kebanggaanya dengan mengatakan “Mayoritas warga desa kami beternak Kambing Etawa ras ini, ada yang memiliki hanya beberapa ekor saja, ada pula yang memelihara hingga puluhan bahkan ratusan ekor. “. Warga yang lain pun juga ikut berkometar dengan menyampaikan bahwa “Memang di sekitaran daerah Jawa Tengah bahkan hampir di seluruh daerah di Indonesia, sentra kambing etawa yang memiliki kualitas terbaik berasal dari Kaligesing”. Ada juga warga yang berkomentar dengan mengatakan “ Kalau pernah ikut kontes dan membawa prestasi, harga kambing itu bisa semakin melambung” 


5. Harga kambing bisa melambung tinggi. 

Sukiswanto seorang pemilik kambing PE Kaligesing pernah menyampaikan bahwa yang bersangkutan pernah menjual kambing PE Kaligesingnya mencapai harga Rp. 150 Juta, bahkan pernah suatu kali kambingnya ditawar mencapai angka Rp. 250 juta rupiah. Dan menurutnya, kenapa kambing tersebut bisa dihargai semahal itu karena kambing milikinya pernah menjuara ajang kontes kambing 


Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Kambing Etawa adalah sering diikutkan pada kontes. Apabila ada kontes ternak kambing, para calon peserta lainnya justru langsung menyerbu stand kambing rumpun Kaligesing serta mencari kambing-kambing terbaik yang dipajang di sana. Bahkan banyak kambing dari Kaligesing yang berhasil juara nasional berkali-kali. Tak heran, Kaligesing menjadi pusatnya Kambing Etawa di Indonesia.

Posting Komentar untuk "Kenapa PE Ras Kali Gesing Jadi Kambing Kontes Termahal?"