Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fakta Anjing Kampung (Kintamani) Yang Mendunia


Anjing Kintamani termasuk kedalam ras anjing bertubuh bagus yang berasal dari Indonesia. Dari segi porsi tubuh saja, anjing lokal ini  juga sangat gagah dan menawan layaknya anjing siberian husky dari luar negara kita. Tak perlu berfikir panjang, itulah salah satu alasan  anjing peliharaan ini menjadi peliharaan favorit banyak orang.

Berikut ini adalah 10 fakta unik yang disimpan oleh Anjing lokal ini.

1. Asli dari Bali, Indonesia

anjing Kintamani ini sesuai dengan nama pasarannya berasal dari daerah Kintamani. Daerah Kintamani terletak  wilayah pegunungan yang dikelilingi hutan dan gunung vulkanik di pulau Bali. Anjing lokal ini tidak akan dapat ditemukan pada tempat lain yang jauh dari tempat asalnya.


2. Pengakuan Dunia 

Anjing lokal yang mendunia asal Indonesia  ini ternyata juga sudah tercatat mendapat pengakuan dari dunia. Tepat Pada tanggal 20 Februari 2019, anjing Kintamani khas Bali ini resmi diakui sebagai anjing trah dunia dari Indonesia oleh Federation Cynologique Internationale (FCI). Anjing ini membutuhkan waktu yang sangat panjang, yaitu 20 tahun untuk mendapatkan pengakuan tersebut dengan melibatkan banyak ahli.


3. Bulunya Tidak Mudah Rontok

Anjing kintamani mempunyai keunikan pada bagian bulu, yaitu memiliki bulu yang tidak mudah rontok. Ini menjadikannya enak untuk dipelihara. Pemilik ajing hanya perlu rutin memandikannya agar bulunya tetap bersih dan halus. Selain itu, jangan lupa untuk biasakan sering menyisir bulunya agar tidak tampak kusut.


4. Kintamani Betina Punya Kebiasaan Unik

Fakta yang menjadikannya menarik selanjutnya dari anjing gagah ini adalah saat si betina sedang bunting. mereka memiliki kebiasaan menggali lubang yang cukup dalam. Lubang tersebut digunakan anjing ini sebagai tempat mereka nanti melahirkan dan mengasuh bayi-bayinya lucunya. Selain itu, anjing kintamani lucu ini juga dapat melahirkan hingga 7 ekor anak dalam satu waktu kelahiran.


5. Sangat Berhati-Hati dan Tangkas

Anjing Kintamani lucu ini ternyata juga sangat tinggi insting kewaspadaanya dan mudah menaruh curiga terhadap orang asing. Mereka juga merupakan anjing yang punya ketangkasan yang tidak bisa diabaikan Saat mereka menaruh curiga terhadap gerak-gerik orang asing dimatanya, mereka akan segera menggonggong sekeras-kerasnya tanpa henti untuk memberikan sinyal. 


6. Hidup Di Lingkungan Sejuk

Mengingat lokasi asalanya di wilayah pegunungan, tak heran jikan Anjing ini dapat bertahan dengan suhu yang dingin. Mereka juga memiliki bulu yang cukup tebal tepat pada bagian ekor dan lehernya untuk membantu menghangatkan tubuh dari serangan dingin. 


7. Sangat Setia

Anjing Kintamani yang sudah terkenal ini, dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dipelihara. Ini disebabkan oleh salah satu kekhususannya, mereka adalah anjing yang sangat setia kepada pemiliknya yang memeliharanya. Tugas Anda hanya perlu sering-sering mengajaknya bermain agar kesetiaannya bertambah. melatihnya agar mereka dapat menjadi sahabat yang baik merupakan opsi yang tepat


8. Memiliki Ciri Fisik Yang Unik

Fisik dari Ras anjing Kintamani ini tergolong unik dan cantik serta menawan. Dengan tubuh yang panjang, punggung datar, ekor berdiri tegak membentuk sudut 45 derajat, menjadikannya menjadi sapi yang memiliki keunikan. Anjing ini juga mempunyai hidung dengan khas hitam atau coklat tua, yang dapat berubah selama pergantian musim atau pun bertambahnya usia mereka.


9. Dapat Hidup Hingga 20 Tahun

keistimewaan lain dari anjing kintamani ialah mereka mampu bertahan hidup dengan sangat, lama yaitu hingga 20 tahun. Tidak heran bila banyak orang rela menjadikannya sebagai sahabat karena anjing ini bisa menemani mereka dalam waktu panjang.


10. Penjaga Yang Handal

Anda juga perlu mengatahu keunikan yang satu ini yaitu kalau anjing ini dapat menjadi penjaga yang handal? Ya, mereka berani untuk menyerang anjing atau hewan lain yang masuk ke wilayahnya kekuasaanya. Selain itu, mereka juga akan menggali tanah dengan kuku mereka untuk menjadi tempat perlindungannya. Mereka termasuk anjing pemberani sehingga dapat diandalkan untuk melindungi pemiliknya jika dalam bahaya atau disakiti oleh orang lain.

Posting Komentar untuk " 10 Fakta Anjing Kampung (Kintamani) Yang Mendunia"