Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melatih Anak Anjing Agar Patuh


Anjing adalah hewan yang mempunyai kecenderungan kuat untuk belajar. kunci suksesnya adalah komunikasi yang baik dengan anjing kamu. Anjing perlu memahami bagaimana cara kamu inginkan dia berperilaku dan mengapa menuruti keinginan kamu itu adalah hal terbaiknya yang bisa dilakukannya.

Hal tersebut diatas, bertujuan untuk memaksimalkan hubungan dengan anjing, sehingga kamu perlu mengajarkan beberapa keterampilan khusus yang akan membantunya hidup harmonis dengan orang sekitar. Latihlah anjing untuk mematuhi pada apa yang kamu katakana ke dia, dan lakukan sedini mungkin. Jika kamu memeliharanya sejak dia kecil, maka mulailah ajarkan secepatnya.

Berikut ini Tips Cara Melatih Anak Anjing Agar Patuh , yang sangat patut kamu lakukan mulai sekarang. Coba saja tidak ada kata terlambat


1.Pahami Dulu dengan Seksama Cara Anjing Belajar

Salah satu keluhan sering didengar dari pemelihara atau pemilik anjing, mereka punya persepsi bahwa bahwa anjing punya mereka “tidak mau mendengarkan instruksi”. Namun jangan lantas berjenti, cobalah tempatkan diri kamu pada posisi anjing kamu walau sejenak. Jika seseorang terus-menerus saja mengoceh dalam bahasa yang belum kamu pahami sama sekali, berapa lama kamu akan memperhatikan orang tersebut?

Saya yakin, kamu tidak akan mendengarkan dalam waktu lama, karena kamu tidak akan bisa memahami apa yang sedang dikomunikasikan oleh orang tersebut itu. Jadi, untuk berkomunikasi dengan jelas dan konsisten dengan anjingmu, kamu perlu untuk memahami cara ia belajar terlebih dahulu.

Kamu harus tahu, bahwa anjing belajar melalui respon langsung dari perilaku mereka. Sifat tersebut akan sangat menentukan bagaimana mereka akan berperilaku di masa yang akan datang.

Jika suatu perilaku akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat seperti makanan, pelukan kasih saying dari pemiliknya, waktu bermain dengan pemiliknya, anjing kemungkinan akan lebih sering melakukannya bersama. Sedangkan disisi lain, jika suatu perilaku pemilik atau orang lain disekitarnya menghasilkan respon yang tidak menyenangkan, seperti diabaikan atau kehilangan hal-hal yang menurutnya sangat bermanfaat, maka anjing mu akan lebih jarang melakukannya.


2.Berilah Hadiah Kecil Jika Kamu Menyukai Perilakunya

Beberapa metode training bagi anjing yang sedang dilatih adalah menggunakan hukuman untuk mencegah anjing melakukan sesuatu. kecuali hal tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemiliknya. Sementara metode lain ada yang fokus pada bagaimana cara mengajarkan anjing supaya mau melakukan apa yang diperintahkan

Meskipun kedua taktik tersebut kemungkinan besar bisa berhasil, namun metode yang terakhir biasanya merupakan pendekatan yang dinilai lebih efektif, dan juga jauh lebih menyenangkan bagi anjing kamu. Contohnya, kamu dapat dengan mudah menggunakan cemilan, permainan, dan pujian untuk mengajarkan anjing tersebut duduk saat ada orang yang tidak dikenal mendekat ketika mengajaknya berjalan-jalan di lingkungan sekitar rumah.

Ketika anjing tengah melakukan sesuatu yang kamu sukai, yakinkan dia untuk melakukannya lagi dengan memberinya semacam hadiah atau sesuatu yang dia sukai. Dengan cara tersebut, anjingmu akan sadar dan mengetahui bahwa apa yang sedang dilakukannya adalah hal yang benar.

Bagian terpenting dari melatih anjing adalah memberitahu dia bahwa melakukan hal-hal yang kamu sukai itu bermanfaat. Jadi, anjingmu juga harus belajar menerima konsekuensi saat melakukan hal-hal yang tidak kamu sukai. Namun ingat, jangan pernah memberikan konsekuensi dalam bentuk kekerasan terhadap fisiknya.

Kamu cukup memberikan pelajaran dengan cara mengabaikannya atau tidak mau mengelus dan bermain sesaat dengannya.


3.Kontrol Respon secara Konsisten

Saat melatih anjingmu, kamu dan semua orang yang sedang berinteraksi dengannya saat itu, harus memberikan respons positif terhadap hal-hal yang ia lakukan dengan cara yang sama setiap kali dia melakukannya. Misalnya, jika kamu belai saat dia dating menyambutmu pulang dari kantor.

Bagaimana dia bisa tahu bahwa dia boleh boleh melompat atau tidak? Ilmu ini perlu kamu ajarkan, karena hal ini penting dan secara konsisten mengajarkan respon pada anjing kamu. Hal ini akan membantunya dengan cepat belajar untuk patuh dengan sangat efektif.


4.Jadilah Pemimpin yang Baik

Beberapa orang sangat meyakini bahwa satu-satunya cara untuk mengubah karakter anjing yang tidak patuh menjadi anjing yang berperilaku patuh adalah dengan mendominasi serta menunjukkan siapa tuan atau pemiliknya. Namun, hal itu bukan berarti kamu jadi bisa bertindak atau berlaku semena-mena terhadapnya.

Jadilah pemimpin yang baik hati, bukan pengganggu ketenangan anjing. Misalnya, jika anjing ingin keluar dari rumah, mintalah ia duduk tenang sebelum kamu membukakan pintu untuknya. Saat ia ingin makan pada malam hari, mintalah dia berbaring untuk mendapatkannya. Sebenarnya, anjing akan dengan senang hati saja melakukan semua yang ia sukai, dan belajar melakukan apapun yang kamu inginkan untuk mendapatkan apa yang ia inginkan terpenuhi.

Itulah beberapa tips melatih anjing kamu agar menjadi patuh dan penurut. Hal ini bisa kamu lakukan sedini mungkin. Terima kasih

Ilustrasi gambar : petpintar.com

Posting Komentar untuk "Cara Melatih Anak Anjing Agar Patuh"