Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri 5 Fakta Menarik tentang Hewan Raksasa Terbesar yang Masih Hidup


Jutaan tahun lalu, dinosaurus menjadi salah satu binatang terbesar di Bumi. Mereka menguasai daratan dan lautan, hingga karenanya punah dihantam asteroid raksasa. Zaman dinosaurus berakhir, penghuni gres muncul.

Kini, di masa modern ada hewan raksasa yang berhasil bertahan dari kepunahan. Beberapa di antaranya bahkan mewarisi gen nenek moyang mereka yang hidup ribuan tahun lalu. Apa saja hewan terbesar itu? Berikut 5 binatang besar yang bisa dijumpai di masa kini.



1. Paus Biru


Paus biru menjadi hewan terbesar di wajah Bumi, bahkan lebih besar ketimbang dinosaurus terbesar. Paus biru paling besar yang pernah tercatat mempunyai ukuran panjang 33 meter dengan berat meraih 181 ton (181.000 kilogram).

Ukuran jantung paus biru sebesar kendaraan beroda empat keluarga. Pembuluh darahnya juga besar, saking besarnya kita bisa berenang di dalamnya. Paus biru mempunyai karakteristik tubuh yang panjang, kepala datar, berupa U, dan sirip punggung yang tergolong kecil.

Hewan terbesar di dunia ini tergolong mamalia laut yang dapat didapatkan di beberapa tempat, mirip Samudra Atlantik, Pasifik, dan Hindia. Adapun masakan utama paus biru adalah crustacea kecil yang disebut krill, cumi-cumi, dan ikan-ikan kecil.


2. Hiu Paus


Hiu paus (Rhіnсоdоn tурuѕ) yaitu hiu pemakan plankton yang merupakan spesies ikan terbesar yang masih hidup. Ukuran rata-rata hiu paus cukup umur diperkirakan sekitar 18 - 20 meter dengan berat 34 ton.

Hiu bertutul-tutul ini mengembara di samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat, dan mampu hidup sampai berusia lebih dari 70 tahun. Spesies ini dipercaya sudah ada sejak sekitar 60 juta tahun yang lalu.


3. Cumi-Cumi Raksasa


Cumi-cumi raksasa (Architeuthis dux) adalah salah satu spesies paling misterius di dunia. Sebagian besar gosip yang dikumpulkan berasal dari spesimen mati yang terdampar di pantai. Cumi-cumi raksasa terbesar yang pernah tercatat memiliki panjang meraih 13 meter.

Mereka memiliki delapan lengan dan dua tentakel yang dipakai untuk bergerak dan menangkap mangsa. Dengan mempelajari isi perut spesimen ini, peneliti memperoleh bahwa cumi-cumi raksasa kemungkinan besar memakan beberapa binatang di bahari seperti ikan, udang, dan cumi-cumi lain. Bahkan ada bukti yang memberikan mereka menyantap paus kecil.

Bersama kerabat dekatnya cumi-cumi kolosal (Mesonychoteuthis hamiltoni), keduanya mempunyai mata terbesar di dunia yang bisa berkembang berdiameter 27 centimeter. Ukuran matanya besar sebagai serpihan dari pembiasaan untuk hidup di kedalaman maritim yang gelap dan dapat membantu mereka memperoleh predator seperti paus sperma.


4. Gajah Afrika


Kalau di bahari ada paus biru, di darat ada gajah Afrika selaku binatang terbesar di dunia. Menurut Live Science, gajah Afrika mempunyai berat antara 2.268 hingga 6.350 kilogram. Sementara gajah Asia memiliki berat antara 2.041 hingga 4.990 kilogram.

Tinggi gajah Afrika dan Asian pun berlainan. Rata-rata tinggi gajah Afrika sekitar 2,5 sampai 4 meter. Sedangkan gajah Asia mempunyai tinggi antara 2 hingga 3 meter. Gajah merupakan salah satu binatang yang dilindungi alasannya terancam punah. Menurut Daftar Merah IUCN (International Union for Conservation of Nature), gajah Afrika mempunyai status Vulnerable (rentan), sementara gajah Asia berstatus Endangered (terancam punah).


5. Jerapah


Jerapah adalah mamalia endemik yang berasal dari Afrika. Jika diukur berdasarkan cara berdiri, jerapah jantan memiliki ketinggian lebih dari 5,5 meter dengan berat rata-rata 1.930 kilogram, sedangkan jerapah betina punya tinggi sekitar 4,5 meter dengan berat 1.180 kilogram.

Dilansir Britannica, badan jerapah yang tinggi ini digunakan untuk meraih daun-daun yang berada di pohon tinggi serta memerhatikan predator yang ingin memangsanya dari jauh. Mereka mempunyai pengecap panjang yang bisa menjulur hingga setengah meter.

Jerapah juga ternyata terbagi menjadi beberapa subspesies, lho. Di antaranya yakni Reticulated giraffe, Smoky giraffe, Kordofan giraffe, Masai giraffe, Nubia giraffe, Rothschild Giraffe, Jerapah Afrika Selatan, dan Thornicroft giraffe.

Posting Komentar untuk "Misteri 5 Fakta Menarik tentang Hewan Raksasa Terbesar yang Masih Hidup"