Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Prosedur Ini Untuk Menjaga Kesehatan Jantung Anda

 


1. Tes Kolesterol

Tes kolesterol berniat untuk mengukur kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol bisa memperlihatkan seberapa tinggi risiko Anda untuk mengalami gangguan jantung.

Cek darah untuk jantung ini juga memperlihatkan kadar trigliserida dalam darah. Ada empat hasil yang bisa Anda peroleh dengan melakukan pemeriksaan medis ini.

Kolesterol total: kian tinggi kadar seluruh kolesterol dalam tubuh, makin tinggi risiko penyakit jantung. Kolesterol wajar berada di bawah 200 miligram per desiliter (mg/dl).

Low-density lipoprotein (LDL): kadar kolesterol jahat yang tinggi mampu mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Kadar kolesterol LDL masuk akal kurang dari 100 mg/dl.

High-density lipoprotein (HDL): kolesterol baik membantu menurunkan kadar LDL di dalam darah. Normalnya, kadar HDL pria 40–59 mg/dl dan wanita 50–59 mg/dl.

Trigliserida: tingginya trigliserida berhubungan dengan kebiasaan merokok, obesitas, dan gula darah tinggi. Kadar trigliserida masuk akal mesti di bawah 150 mg/dl.


2. Tes C-reactive protein (CRP)

C-reactive protein (CRP) yakni sejenis protein yang dihasilkan hati (liver) sewaktu terjadi luka, pembengkakan, dan peradangan dalam tubuh Anda.

Jika hasil cek darah ini menawarkan kadar CRP tinggi, ini mampu jadi pertanda peradangan jantung, khususnya kalau Anda sudah mencicipi tanda-tanda penyakit kardiovaskular sebelumnya.

Kadar CRP antara 1–10 mg/l lazimnya bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami gangguan fungsi jantung.

Namun, kadar CRP bisa berkembangsementara dalam suasana lain, contohnya saat Anda terjangkit flu. Oleh alasannya itu, tes ini mesti dilakukan sebanyak dua kali dengan jarak dua minggu.


3. Tes Lipoprotein (a)

Lipoprotein (a) atau Lp(a) ialah salah satu bentuk dari kolesterol jahat (LDL). Seperti yang sudah disebutkan sebelimnya, kolesterol LDL dapat mengembangkan risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi dalam Journal of Cardiovascular Medicine (2021) menerangkan bahwa kadar Lp(a) bergantung pada genetik yang Anda bawa. Normalnya kadar Lp(a) di bawah 30 mg/dl.

Pada lazimnya , tes darah untuk memeriksa kesehatan jantung ini direkomendasikan untuk orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung, stroke, dan kematian secara tiba-tiba.

Pеmеrіkѕааn іnі jugа dіjаlаnkаn раdа реngіdар аtеrоѕklеrоѕіѕ аtаu реnуаkіt jаntung dеngаn hаѕіl tеѕ kоlеѕtеrоl уаng сеndеrung nоrmаl dаn ѕеhаt.


sumber gambar : royalprogress.com

Posting Komentar untuk "Lakukan Prosedur Ini Untuk Menjaga Kesehatan Jantung Anda"